Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa di Buka di Android

video tidak bisa di bukaMasalah dengan penyebab video yang tidak bisa di buka di android memang sangat banyak sekali, video yang kita peroleh entah itu dari download maupun dari tranfer dari laptop bisa jadi berkemungkinan tidak bisa di jalankan di hp android kalian.

Ini karena dari awal video di buat sampai di perangkan kalian dan ingin kalian buka, file video tersebut sudah melalui beberapa proses seperti Recording, Compress – Decompress (codec) dan Container. dan ada tambahan lagi Downstream jika kalian mengunduhnya dari internet maupun jaringan lain.

Mari saya jelaskan sedikit

Apa Itu Codec?

Codec atau singkatan dari Code Decoder merupakan proses perubahan data video asli hasil rekaman menjadi bentuk lain (Compress) dan ketika data video tersebut di coba atau di putar maka akan di kembalikan ke bentuk semula (decompress)

Data Codec juga berfungsi untuk memperkecil ukuran file video agar mudah di transfer atau di pindahkan, proses encoding yang di anggap bagus ketika ukuran video semakin kecil namun kualitas video tetap terjaga dan tidak hancur.

Akan tetapi karena proses decoding ini banyak software yang tidak mendukung format video tersebut, yang di mana aplikasi akan menganggap bawa video yang kalian miliki telah rusak.

biasanya kalian akan mendapati pesan seperti “tidak dapat memutar video”,“format video tidak didukung” dan “video rusak” dan pesan error lainya.

berikut adalah Penyebab file video yang kaian miliki tidak bisa di buka di android

Penyebab Video Tidak Bisa Di Putar Di Android

pernah gak sih kalian transfer file video dari laptop ke hp android, tapi di android kalian videonya tidak bisa di putar? ini aneh, padahal sebelumnya saat masih di laptop videonya baik – baik saja dan bisa di buka. kalo kalian mengalami hal yang sama mungkin kalian bisa cari tahu penyebabnya di bawah agar bisa mengatasinya.

1. Format Video Tidak Support Dengan Pemutar Video Di Android

Kemungkinan karena video yang kalian miliki Formatnya tidak di dukung di hp android kalian, sehingga pemutar video di android tidak bisa membuka file video kalian.

tetapi masalah ini sangat jarang terjadi, karena pemutar video di versi android sekarang sudah mendukung banyak format video.

jika kalian mengalami masalah pada format video, mungkin versi pemutar video kalian terlalu lawas atau file video kalian yang lawa, misal di dapat dari video VCD

2. Codec Video Tidak Support dengan Codec Hp Android

sudah saya jelaskan di atas apa itu codec, file video yang tidak bisa di android kemungkinan karena codec yang di gunakan pada video tersebut tidak di dukung oleh codec yang ada di aplikasi android kalian.

3. File Video Yang kalian Miliki Corrupt atau rusak

Kemungkinan Terakhir yang menyebabkan file video yang kalian miliki tidak bisa di buka adalah karena video tersebut corrupt atau rusak.

banyak faktor yang menyebabkan file video menjadi rusak, bisa jadi karena file video terkena virus, bisa juga karena terputusnya koneksi saat kaian mendownload video tersebut, bahkan bisa juga karena saat kalian sedang memindahkan video kabel transfer kalian terputus dari laptop atau komputer.

Disarankan Baca : Inilah!! Trik Menyembunyikan Folder Biar Aman!

kalau memang videonya corrupt kalian tidak bisa memperbaikinya karena file yang corrupt sudah di pastikan rusak.

Lalu apakah masalah ini bisa di perbaiki?

Tentu saja bisa!, kita bisa memperbaiki video yang tidak bisa di buka dengan beberapa cara di bawah

Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Di Buka di Android

1. Mengubah Format Video

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan merubah format video tersebut, karena bisa saja format video yang kalian gunakan tidak support dengan pemutar video di android kalian.

Sehingga pemutar video yang kalian miliki tidak bisa mengenali file video yang kalian punya.

Untuk cara mengubah format video kalian bisa pake cara manual dan cara otomatis atau menggunakan aplikasi format video converter.

cara manual bisa kita lakukan dengan cara mengubah huruf paling belakang setelah titik yang ada pada nama file video kalian contohnya seperti di bawah.

saya mempunyai file video yang bernama “file video.avi” kata .avi adalah format video saya yang mungkin tidak bisa di kenali oleh pemutar video di android saya, sehingga video saya tidak bisa di putar.

untuk cara merubah formatnya kita bisa mengubah kata “.avi” dengan format video yang lain, misal menggantinya engan format .mp4.

cara menguba format video yang error

kalian tinggal klik tahan file video kalian lalu pilih ubah nama.

selanjutnya kalian hapus format video yang di belakang titik lalu ganti dengan .mp4.

setelah itu klik simpan.

biasanya ada peringatan “mengganti nama bisa merusak file” tapi tidak apa – apa, klik saja simpan.

sekarang file video yang rusak sudah bisa kalian putar kembali.

 

 

 

 

 

 

2. Bersihkan Memori Internal

cara yang kedua yaitu dengan membersihkan memori internal. memori internal penuh umumnya menyebabkan sebagian plikasi di android kita tidak bisa berjalan. ini karena sebuah aplikasi biasanya membuat film temporary yang tersimpan di memori internal.

pemutar video di android mungkin saja tidak bisa bekerja karena memori internal kalian penuh. kalian bisa mengeceknya apakah memori kalian penuh atau tidak.

dan pastikan memori internal kalian masih tersisa beberapa mega byte. setelah itu kailan bisa coba membuka video kalian kembali.

3. Mengunduh Aplikasi Video Player

Cara yang terakhir adalah dengan mendownload aplikasi pemutar video lain. seperti yang sudah saya jelaskan di atas video mempunyai codecnya masing – masing.

dan jika codec yang terdapat pada file android kita tidak cocok dengan pemutar video kita maka video tidak bisa di putar meskipun kita sudah mengubah formatnya.

ada beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan untuk mengatasi masalah ini, yaitu :

Rekomendasi Aplikasi Video Player Untuk Android

1. VLC for Android

vlc media player

video player yang satu ini memang sudah sangat populer dari dulu, kalo kalian beli komputer maupun laptop akan kurang kalo di dalamnya belum ada software VLC Media Player.

Ini karena VLC mendukung sangat banyak format dan berbagai jenis codec sehingga hampir semua video mampu di putar melalui VLC Media Player.

Sekarang VLC ini sudah hadir di Platform Android, kalian bisa langsung mengunduh dan menginstallnya melalui playstore atau bisa klik di sini.

Dengan ini kalian bisa mengatasi video yang tidak bisa di putar di android.

2. KM Player

KM Player

selain VLC KM Player juga tidak kalah bagus untuk kalian gunakan di perangkat android.

KM Player juga bisa kalian gunakan untuk menambahkan subtitle external yang terpisah, jadi sangat di rekomendasikan untuk kalian yang suka nonton film.

keunggulan lainya KM Player juga bisa kalian gunakan untuk memutar video dengan resolusi HD.

3. MX Player

XM Player

MX Player juga bisa di katakan sebagai pemutar video terbaik untuk perangkat android.

aplikasi ini bisa kalian jalankan walau versi android kalian sudah sangat jadul.

tapi sayangnya aplikasi MX Player ini terdapat iklan, dan jika kalian ingin menghilangkan iklanua kalian harus menggunakan aplikasi MX Player yang versi prium atau berbayar.

4. GOM Player

GOM Media Player

Dan yang terakhir ada GOM Player, Memang sudah tidak asing lagi ya dengan GOM Player ini karena memang sama – sama terkenalnya dengan VLC kali di windows kalo bukan Windows Media player ya paling GOM Player atau VLC MEdia Player.

Sekarang GOM Player juga sudah tersedia di perangkat Android. Kalian bisa lagsung download di google play.

aplikasi ini juga sudah dapat review 4.0 dari lebih 20.000 reviewer pengguna aplikasi ini.

Kesimpulan

Kesimpulanya adalah, kalo kalian punya file video yang tidak bisa di buka atau di putar, sebaiknya kalian jangan hapus file nya terlebih dahulu, karena sayang juga kalo kalian download videonya ukuran besar lalu di hapus begitu saja karena gak bisa di buka.

alangkah baiknya kalian coba cari tahu terlebih dahulu solusinya,karena video yang rusak atau error ungkin saja masih bisa di perbaiki. silahkan kalian coba beberapa solusi di atas aplikasi yang sudah saya sarankan.

atau jika masalah masih berlanjut bisa ke Bantuan Google.

baiklah cukup sekian, semoga postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Leave a Comment