Pengertian root di OS Linux Lengkap

Pengertian root di dalam OS Linux adalah sebuah pengguna atau user yang memiliki hak akses tertinggi di dalam OS linux tersebut, Biasanya sudah ada secara otomatis atau bawaan ketika kita menginstall OS linux.

Maksud dari hak akses tertinggi di dalam os linux ini adalah user root bisa mengakses semua perintah dan file-file sistem di OS linux yang user biasa tidak bisa mengakses atau menggunakannya.

Root ini juga mempunyai istilah lain yaitu root akun, user root dan super user.

Selain mempunyai istilah lain root juga bisa mempunyai beberapa makna tambahan tergantung dari penggunaan makna tersebut yang bisa bikin bingung orang yang baru mengenal os linux. Contoh nya :

– Rootuser.
– Direktori root.
– Direktori slash root.
– Rooting android.
– Rooting server.
– dan makna lainnya yang belom saya sebutkan disini.

1. Root User

root user adalah hak akses tertinggi yang ada di sebuah os linux biasanya di tandai dengan simbol pagar seperti di bawah ini :

Dengan root user ini kita bisa mengakses semua perintah yang ada di os linux dan tidak hanya itu saja melainkan kita bisa mengakses direktori sistem os linux.

seberapa penting penggunaan root user ini ? menurut saya sendiri sangat penting. contohnya ketika kita mensetting sebuah server yang dimana kita di haruskan berhubungan dengan direktori sistem di linux.

Bisa juga ketika kita mau melakukan instalasi sebuah program di os linux, tentu kita akan membutuhkan akses root user ini dengan cara menggunakan perintah SUDO.

2. Direktori Root

direktori root adalah sebuah direktori yang hanya bisa di akses oleh user root saja atau user biasa yang memiliki hak akses root. direktori root ini merupakan direktori paling tertinggi atau teratas pada sistem.

direktori root di tandai dengan simbol “slash” (/) sedangkan di rektori di bawah nya di sebut sub direktori.

di dalam direktori root ini berisi banyak direktori user lain. contohnya direktori milik sistem, direktori milik aplikasi lain kayak apache/mysql/dll, direktori user root, direktori user biasa, dll

3. Direktori Slash Root

direktori slash root adalah direktori home yang di miliki oleh user root. pada os linux setiap user memiliki home direktori sendiri sendiri.

untuk user biasa atau bukan root direktori home berada di /home, sedangkan untuk root user berada di /root. di dalam direktori home ini biasanya berisi semua direktori , file file dan konfigurasi yang di miliki setiap pemilik direktori home tersebut.

4. Rooting Android

Rooting android adalah sebuah proses untuk memberikan izin smartphone kita mendapatkan kontrol yang lebih tinggi. Karena pada dasar nya Android juga base on Linux tetapi dari bawaan pabrik android kita cuman mendapatkan akses biasa.

Dengan melakukan rooting pada android ini kita bisa melakukan banyak hal, misalnya mengganti custom rom, mengedit tampilan android, dan lainnya yang tidak bisa kita lakukan di hak akses biasa / sebelum di root.

5. Rooting Server

Rooting Server adalah kegiatan menaikkan hak akses dari user biasa ke user yang tertinggi dan biasanya teknik ini disebut dengan priviledge escalation.

Rooting server ini biasanya di lakukan saat kita mau menghack sebuah server yang dimana kita memiliki akses ke server tersebut tetapi hanya user biasa saja.

Sebetulnya rooting server ini bisa di sebut tindakan ilegal karena kita berusaha menghack sebuah server untuk mendapatkan akses tertinggi yaitu root user.

itu lah beberapa istilah atau makna root yang ada di dalam os linux dan turunannya. jadi kesimpulannya adalah :

  • root user adalah user yang memiliki akses tertinggi di os linux
  • direktori root adalah direktori tertinggi yang ada di file system os linux dan turunannya.
  • slash root (/root) adalah direktori home yang di miliki oleh user root.
  • rooting android adalah memberikan izin kepada android untuk mendapatkan kontrol lebih tinggi.
  • rooting server adalah proses untuk mendapatkan hak akses dari user biasa ke user root untuk kebutuhan hacking sebuah server.

baiklah demikian penjelasan umum tentang root semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Leave a Comment