Cara Membuat Script Termux Sendiri

Selamat datang kembali sobat bazengers di blog FHXploit!

sudah banyak sekali saya share postingan tentang tool termux mulai dari bot, mining, auto”an dll, akan tetapi tidak sedikit orang yang terinspirasi untuk membuat tool termux sendiri entah untuk di pamerkan doang atau emang tujuanya agar bisa bermanfaat untuk banyak orang,

tapi ada juga yang tujuanya untuk hal yang gak baik misal untuk menghapus isi memori atau malah memasangkan backdoor di dalam script nya, maka dari itu alangkah baiknya kita dapat memahami cara kerja script tersebut sebelum menggunakanya.

nah untuk memahaminya kita bisa mulai belajar membuat tool termux sediri sebagai awalnya, tapi tunggu dulu jangan berekspektasi bikin sc buat hack, bot, spam dll, kita mulai dari yang paling sederhana terlebih dahulu.

sebenarnya untuk membuat script di termux, kita harus memahami coding atau baha pemprograman, karena termux bisa di pasangin berbagai compile, kita bisa membuat script dari berbagai bahasa mulai dari bash (sh), python (py), php, dan masih banyak lagi.

Apa yang akan kita buat?

dari berbagai bahasa pemprograman yang bisa di jalankan, kita akan membuat tool menggunakan bahasa yang paling mudah di pahami yaitu python, kita akan bikin script python sederhana yang fungsinya untuk penjumlahan dan perngurangan dan juga membuat tool bot di termux cari kita bisa membuatnya dengan coding dan tanpa coding alias recode nanti saya akan berikan mentahannya.

tapi sebelumnya pakah kalian yakin kalian sudah memahami perintah dasar termux? masa iya kita mau bikin sc teremux tapi belum memahami perintah basicnya? jika belum yakin kalian bisa pelajari pertintah dasar pada termux di postingan di bawah.

nah jika sudah membaca postingan di atas mari kita mulai membuat script termu sederhana.

Cara Membuat program sendiri di termux dengan python

baik silahkan kalian buka aplikasi termux kalian kemudian masuk ke memori internal dengan menjalankan perintah :

cd /sdcard

kemudian kita buat folder baru jalankan

mkdir belajar
cd belajar

tujuanya agar kita lebih mudah untuk menguploadnya ke github

selanjutnya kita install nano sebagai teks editor kita di terinal, jalankan perintah

pkg install nano

kemudian kita buat scriptnya sebagai contoh kita akan buat script kalkulator untuk penjumlahan dan pengurangan, jalankan perintah

nano kalkulator.py

penjelasan singkat, kita akan membuka teks editor dengan nama baru kalkulator lalu .py berarti format sc kita python

nah nanti kalian akan membuka laman kosong silahkan tulis kode di bawah ini, ingan perhatikan spasi, koma ataupun karakter yang di dalamnya harus sama persis

def header():
	print("ini adalah kalkulator sederhana untuk penjumlahan dan pengurangan")
	print("1. penjumlahan")
	print("2. pengurangan")
	print("pilih angka 1 untuk penjumlahan dan angka 2 untuk pengurangan")
	pilihan = (input("masukan pilihan :"))
	def tambah():
		hasil= angka1 + angka2
		return angka1 + angka2
		print (hasil)
	def kurang():
		hasilPengurangan= angka1 - angka2
		print (hasilPengurangan)
	if pilihan == "1":
		print ("masukan bilangan yang ingin di jumlahkan")
		angka1 = int(input("Angka1 : "))
		angka2 = int(input("Angka2 : "))
		print ("hasil pejumlahan adalah:"),tambah()
	elif pilihan == "2":
		print ("masukan bilangan yang ingin di kurangi")
		angka1 = int(input("Angka1 : "))
		angka2 = int(input("Angka2 : "))
		print ("hasil pengurangan adalah:"),kurang()
	else :
		print ("masukan pilihan yang tepat")
print (header())

penjelasan:

  • baris 1-6 merupakan sebuah function yang nanti akan kita tampilkan ketika kita baru menjalankanya.
  • baris 7-13 terdapat 2 function yang berisi kode untuk penjumlahan dan pengurangan
  • baris 14-26 merupakan function percabangan yang akan merespon ketika pengguna memasukan pilihan 1 atau 2.
  • dan baris terakhir yaitu print yang akan menampilkan isi dari header()

setelah kalian selesai menulisnya selanjutnya kita simpan dengan menekan ctrl+x kemudian pilih Y dan enter, nah di sini kita sudah selesai nih membuat script termuxnya, kalian bisa jalankan dengan memasukan perintah

python kalkulator.py

maka tampilanya akan seperti di bawah dan script sudah bisa kalian jalankan.

Cara membuat tool termux tanpa coding

untuk membuat script tanpa coding solusinya yaitu kita harus recode atau cuma memodifikasi milik orang lain, tetapi saran saya ini tidak di lakukan karena sama saja kita tidak menghargai orang tersebut, tapi buat kalian yang ingin mencobanya silahkan kalian lihat cara merecode script termux

Cara upload scrit termux ke github

nah gimana? kalian berhasilkan membuat sc sendiri? tapi belum selesai sampai di situ, agar tool kita mudah di gunakan oleh semua orang kita harus menguploadnya ke media sharing seperti github, jadi orang lain bisa dengan mudah mendownloadnya hanya dengan memasukan perintah git clone github.com/nick/repository. nah untuk memasukan script kita ke github simak nanti akan saya buatin artikel terpisah karena ini sudah terlalu panjang.

Kesimpulan

pada dasarnya untuk membuat script yang mempunyai banyak kegunaan, kita harus memahi bahasa pemprograman, jadi kalian harus perdalam hasa pemprograman terlebih dahulu, dan juga kita harus memahami etika dalam membuat program ada baiknya kita tidak memodifikasi (recode) program milik orang lain, karena itu melanggar hak cipta.

dan sebaiknya kita membuat program yang berguna bagi seseorang, jangan malah merugikan orang lain banyak juga orang yang membuat program dengan merugikan orang lain dan malah hanya untuk kepentingan diri sendiri, saya harap kalian bisa memanfaatkan ilmu ini dengan baik, sekian postingan dari saya jika ada yang kurang jelas kalian bisa tanyakan di kolam komentar di bawah, baik semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

2 thoughts on “Cara Membuat Script Termux Sendiri”

Leave a Comment