Cara install python di Linux

Unduh installer Python untuk Unix/Linux di http://www.python.org/download. Kemudian. Unduh sourcecode Python yang dibungkus oleh  zip dan ikuti alur pengunduhannya. Setelah diunduh kemudian ekstrak installer tersebut. Kemudian masuk kedirektori installer Python. Jika ada pengaturan khusus yang diinginkan, edit file Modules/Setup pada installer. Jika pengaturan sudah sesuai jalankan perintah ./configure. Hal ini dilakukan untuk konfigurasi installer Python pada sistem operasi kita. Setelah konfigurasi beres, jalankan perintah make untuk meng-compileinstaller Python. Setelah itu baru jalankan perintah make install untuk memulai proses instalasi.

File ekskeusi Python akan diinstall di /usr/local/bin dan library nya diinstall di /usr/local/bin/pythonX.X. Kemudian jangan lupa untuk lakukan pengaturan 
path agar bisa dieksekusi di shell. Berikut adalah beberapa pengaturan path pada beberapa shell :

  • pengaturan path di shell bash : export PATH=“$PATH:/usr/local/bin/python” kemudian tekan enter
  • pengaturan path di shell csh : setenv PATH  “$PATH:/usr/local/bin/python” kemudian tekan enter
  • pengaturan path di shell ksh : PATH=“$PATH:/usr/local/bin/python” kemudian tekan enter

Selain menggunakan source code Python dan diinstall secara manual seperti diatas. Anda bisa menginstall Python melalui packet manager jika sistem operasi yang Anda gunakan mendukung fitur tersebut seperti  Ubuntu, Slackware, dan Fedora.

Di beberapa sistem operasi kadang sudah tertanam di dalamnya dan langsung bisa digunakan seperti di Ubuntu dan Fedora.

demikian cara install python di Linux,semoga tutorial ini bermanfaat jan lupa share sekian dari saya….

Leave a Comment